Obesitas, Apa yang Bisa Dilakukan?



Kegemukan dan obesitas, serta penyakit terkait kronis, sebagian besar dapat dicegah dan pada tingkat individu, orang dapat mencapai keseimbangan energi dan berat badan yang sehat dengan membatasi asupan energi dari lemak total dan pergeseran konsumsi lemak dari lemak jenuh lemak tak jenuh - meningkatkan mereka konsumsi buah dan sayuran, serta kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan - membatasi asupan gula dan meningkatkan aktivitas fisik.


Para ahli merekomendasikan setidaknya 30 menit aktivitas teratur, intensitas sedang pada hari-hari yang paling lebih banyak aktivitas mungkin diperlukan untuk mengendalikan berat badan.


Pada tingkat yang lebih luas pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, dengan komitmen berkelanjutan, dapat memainkan peran penting dalam membentuk lingkungan yang sehat dan membuat pilihan diet sehat terjangkau dan mudah diakses. Hal ini terutama penting bagi yang paling rentan dalam masyarakat - masyarakat miskin dan anak-anak, yang memiliki pilihan terbatas tentang makanan yang mereka makan dan lingkungan di mana mereka tinggal.


Kabar Baik!
Kunci kesuksesan adalah untuk mencapai keseimbangan energi antara kalori yang dikonsumsi dan kalori digunakan. Para ahli menduga bahwa risiko masalah kesehatan dimulai ketika seseorang hanya sangat sedikit kelebihan berat badan, dan bahwa kemungkinan meningkat masalah sebagai seseorang menjadi lebih dan lebih banyak kelebihan berat badan dan kondisi ini menyebabkan penderitaan jangka panjang bagi individu dan keluarga dan mahal untuk kesehatan sistem.


Diet sehat dan teratur, aktivitas fisik yang memadai merupakan faktor utama dalam promosi dan pemeliharaan kesehatan yang baik sepanjang perjalanan seluruh hidup dan diet yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik adalah dua faktor risiko utama untuk tekanan darah yang meningkat, glukosa darah, lemak darah yang abnormal, kelebihan berat badan / obesitas, dan untuk penyakit kronis utama seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.


Secara keseluruhan, 2,7 juta kematian yang disebabkan buah dan sayuran rendah dan 1,9 juta kematian untuk aktivitas fisik - diet yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kronis.


Diet sehat dan aktivitas fisik merupakan dua faktor risiko utama dimodifikasi untuk sebagian besar penyakit kronis utama.
Aktivitas Fisik


Aktivitas fisik didefinisikan sebagai gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi dan aktivitas fisik merupakan faktor risiko independen untuk penyakit kronis, dan secara keseluruhan diperkirakan menyebabkan 1,9 juta kematian secara global. Aktivitas fisik merupakan dasar untuk menyeimbangkan energi dan mengontrol berat badan - jenis dan jumlah aktivitas fisik yang diperlukan untuk hasil kesehatan yang berbeda - setidaknya 30 menit reguler, aktivitas moderat intensitas fisik pada hari yang paling dianjurkan oleh para ahli.


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan meningkatkan aktivitas fisik adalah, masyarakat bukan hanya masalah individual dan menuntut berbasis populasi, multi-sektoral, multi-disiplin, dan budaya pendekatan yang relevan.


Intensitas berbagai bentuk aktivitas fisik bervariasi antara orang-orang dan intensitas aktivitas fisik tergantung pada pengalaman individu latihan sebelumnya dan tingkat kebugaran relatif mereka.


Setara metabolik (METs) yang biasa digunakan untuk mengekspresikan intensitas kegiatan fisik. MET adalah rasio kerja relatif metabolisme seseorang tingkat ke tingkat metabolisme istirahat mereka. Satu MET didefinisikan sebagai biaya energi duduk tenang dan setara dengan konsumsi kalori 1kcal/kg/hour. Diperkirakan bahwa dibandingkan dengan duduk tenang, konsumsi kalori seseorang adalah tiga sampai enam kali lebih tinggi ketika sedang sedang aktif (3-6 METs) dan lebih dari enam kali lebih tinggi ketika sedang giat aktif (> 6 METs).
Manfaat Aktivitas Fisik


Para ahli merekomendasikan bahwa orang sepanjang hidup mereka terlibat dalam tingkat aktivitas fisik yang memadai untuk kepentingan kesehatan mereka - lebih banyak aktivitas fisik memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar.


Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa peningkatan tingkat berbagai jenis aktivitas fisik dapat manfaat kesehatan melalui efek positif pada hipertensi, osteoporosis dan risiko jatuh, berat badan dan komposisi, kondisi muskuloskeletal seperti osteoarthritis dan nyeri pinggang dan kesehatan mental dan psikologis dengan mengurangi depresi, kecemasan dan stres.


Aktivitas fisik juga membantu mengendalikan perilaku berisiko terutama di kalangan anak-anak dan orang muda (misalnya penggunaan tembakau, alkohol / penggunaan narkoba, diet yang tidak sehat dan kekerasan). Aktivitas fisik secara teratur juga dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan ekonomi melalui peningkatan produktivitas di tempat kerja, ketidakhadiran pekerja yang lebih rendah dan omset dan sekolah berperforma lebih baik.


Sebuah proporsi yang signifikan dari anggaran kesehatan yang dihabiskan untuk mengelola NCD umum yang berkaitan dengan aktivitas fisik yang kurang memadai dan promosi aktivitas fisik dapat menjadi intervensi kesehatan yang sangat biaya-efektif dan berkelanjutan publik.


Menjadi aktif secara fisik tidak perlu mahal atau melibatkan peralatan, sepatu khusus dan pakaian dan dapat dilakukan hampir di mana saja. Banyak kegiatan sehari-hari dan tugas-tugas seperti membawa bahan makanan, kayu, buku atau anak-anak yang baik aktivitas fisik komplementer, seperti menaiki tangga daripada menggunakan lift.


Berjalan mungkin adalah aktivitas fisik yang paling umum dan paling sangat dianjurkan, benar-benar gratis dan dapat dilakukan di perkotaan, daerah taman dan bahkan di pusat perbelanjaan. Tidaklah penting untuk pergi ke kolam renang, gym atau olahraga fasilitas khusus lainnya secara fisik aktif.


Tiga puluh menit intensitas sedang aktivitas fisik lima hari setiap minggu akan meningkatkan dan mempertahankan kesehatan dan dapat dilakukan dalam blok lebih singkat dari 10 menit masing-masing selama sehari dan dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari - di tempat kerja, rumah sekolah, atau bermain.


Perubahan sederhana seperti menggunakan tangga daripada lift, naik sepeda untuk bekerja atau turun dari bus dua berhenti sebelum tujuan akhir Anda dan kemudian berjalan di sisa perjalanan dapat menumpuk sepanjang hari dan dapat merupakan bagian dari program kegiatan rutin sehari-hari. Bahkan orang-orang tersibuk harus bisa cocok 30 menit aktivitas fisik ke dalam rutinitas sehari-hari mereka untuk meningkatkan kesehatan mereka.


Aktivitas Fisik dan Anak
Sekolah-usia remaja harus mengumpulkan setidaknya 60 menit sedang sampai kuat intensitas aktivitas fisik setiap hari untuk memastikan perkembangan yang sehat tetapi para ahli mengatakan kurang dari sepertiga orang muda yang cukup aktif untuk manfaat kesehatan mereka saat ini dan masa depan dan kesejahteraan . Penurunan aktivitas fisik yang sebagian besar disebabkan cara menetap semakin umum hidup - lebih sedikit anak-anak berjalan atau siklus ke sekolah dan waktu yang berlebihan dikhususkan untuk menonton televisi, bermain game komputer, dan menggunakan komputer - sering dengan mengorbankan waktu dan kesempatan untuk fisik kegiatan dan olahraga - ditambahkan ke ini adalah penurunan pendidikan jasmani dan berbasis sekolah kegiatan fisik.


Pola aktivitas fisik dan gaya hidup sehat yang diperoleh selama masa kanak-kanak dan remaja lebih cenderung dipertahankan sepanjang rentang kehidupan dan meningkatkan tingkat aktivitas fisik pada orang muda adalah penting bagi kesehatan masa depan semua populasi. Aktivitas fisik secara teratur telah terbukti dapat memperbaiki status fungsional dan kualitas hidup orang dewasa dan juga meningkatkan kesehatan mental dan fungsi kognitif.


Gaya hidup aktif sering memberikan orang tua dengan kesempatan rutin untuk menjalin persahabatan yang baru, menjaga jaringan sosial, dan berinteraksi dengan orang lain dari segala usia dan untuk berkontribusi pada pengelolaan gangguan seperti depresi Aktivitas fisik membantu orang muda untuk mengembangkan jaringan muskuloskeletal sehat (yaitu tulang , otot dan sendi), sebuah sistem kardiovaskular yang sehat (jantung dan paru-paru yaitu), koordinasi dan kontrol gerakan, menjaga berat badan yang sehat.


Aktivitas fisik juga telah dikaitkan dengan manfaat psikologis pada orang muda dengan meningkatkan kontrol mereka atas kegelisahan dan depresi dan memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri, membangun kepercayaan diri, interaksi sosial dan integrasi.


Sedangkan yang aktif sejak usia dini dapat membantu mencegah berbagai penyakit, gerakan teratur dan aktivitas juga dapat membantu meringankan kecacatan dan rasa sakit yang terkait dengan kondisi ini. Yang penting, manfaat aktivitas fisik dapat dinikmati bahkan jika latihan rutin dimulai akhir dalam hidup.


Setidaknya 60% dari populasi dunia gagal memenuhi rekomendasi untuk kegiatan fisik yang diperlukan untuk mendorong manfaat kesehatan dan NCD yang terkait dengan aktivitas fisik merupakan masyarakat terbesar masalah kesehatan di sebagian besar negara di seluruh dunia - tingkat aktivitas yang tinggi di hampir semua maju dan negara-negara berkembang.


Aktivitas fisik dan Wanita
Kesenjangan sosial, kemiskinan dan adil akses ke sumber daya, termasuk perawatan kesehatan, mengakibatkan beban tinggi penyakit tidak menular (NCD) di antara perempuan di seluruh dunia dan meskipun wanita pada umumnya cenderung hidup lebih lama dengan NCD daripada pria, mereka sering dalam kesehatan yang buruk.


Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kesehatan perempuan dan membantu mencegah banyak penyakit dan kondisi yang merupakan penyebab utama kematian dan cacat bagi wanita di seluruh dunia seperti penyakit jantung yang menyumbang sepertiga dari kematian di antara wanita di seluruh dunia dan setengah dari semua kematian pada wanita di atas 50 tahun di negara berkembang dan diabetes yang mempengaruhi lebih dari 70 juta perempuan di dunia dan prevalensi diproyeksikan untuk ganda pada tahun 2025.


Osteoporosis adalah penyakit di mana tulang menjadi rapuh dan lebih mungkin untuk istirahat dan Aktivitas Fisik juga telah dikaitkan dengan kesehatan psikologis ditingkatkan dengan mengurangi tingkat stres, kecemasan dan depresi yang sangat penting bagi perempuan yang dua kali lebih mungkin sebagai laki-laki untuk mengembangkan kondisi ini.


Ini juga telah menyarankan bahwa aktivitas fisik dapat memberikan kontribusi untuk membangun harga diri dan kepercayaan diri dan dapat menyediakan kendaraan untuk integrasi sosial dan kesetaraan bagi perempuan dalam masyarakat.


Banyak faktor yang menghambat partisipasi perempuan dalam aktivitas fisik dan akses mereka untuk perawatan kesehatan - pendapatan mereka sering lebih rendah daripada laki-laki dan oleh karena itu biaya akses ke fasilitas kegiatan fisik mungkin menjadi penghalang - anggota senior rumah tangga yang mengendalikan sumber daya rumah tangga mungkin harus setuju sebelum seorang wanita dapat melakukan aktivitas fisik - juga wanita sering memiliki beban kerja di rumah dan perawatan-memberikan peran untuk anggota keluarga lain yang dapat membatasi waktu yang tersedia bagi mereka untuk terlibat dalam aktivitas fisik - wanita yang memiliki mobilitas terbatas mungkin tidak dapat melakukan perjalanan ke pusat-pusat kesehatan.


Aktivitas fisik juga dapat dibatasi oleh harapan budaya dan perempuan di pedesaan dan di daerah berpenghasilan rendah perempuan perkotaan juga mungkin sudah fisik kelelahan oleh bentuk-bentuk lain dari hari-panjang "kerja" kegiatan fisik.
Fisik Kegiatan dan Seniors


Aktivitas fisik secara teratur telah terbukti dapat memperbaiki status fungsional dan kualitas hidup orang dewasa dan para ahli merekomendasikan bahwa, jika sesuai, orang dewasa harus terlibat dalam setidaknya 30 menit intensitas sedang-aktivitas fisik 5 hari per minggu.


Banyak penyakit tidak menular (NCD) lazim pada orang dewasa yang lebih tua bisa mendapatkan keuntungan dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur - ketika sedang aktif sejak usia dini dapat membantu mencegah berbagai penyakit, gerakan teratur dan aktivitas juga dapat membantu meringankan kecacatan dan rasa sakit yang terkait dengan kondisi ini. Yang penting, manfaat aktivitas fisik dapat dinikmati bahkan jika latihan rutin dimulai akhir dalam hidup. Orang dewasa terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur telah menunjukkan keseimbangan membaik, kekuatan, koordinasi dan motor kontrol daya tahan fleksibilitas - aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi risiko jatuh - merupakan penyebab utama cacat di antara orang tua, dan meningkatkan kesehatan mental mereka dan fungsi kognitif.


Hal ini juga telah ditemukan untuk berkontribusi pada pengelolaan gangguan seperti depresi dan kecemasan - gaya hidup aktif sering memberikan orang tua dengan kesempatan rutin untuk menjalin persahabatan yang baru, menjaga jaringan sosial, dan berinteraksi dengan orang lain dari segala usia.


Aktivitas fisik untuk orang dewasa yang lebih tua dapat mengambil banyak bentuk (misalnya berjalan, berenang, peregangan, menari, berkebun, hiking, bersepeda atau sesi latihan terorganisir). Namun, ada beberapa pertimbangan penting khusus untuk populasi orang dewasa yang lebih tua yang berkaitan dengan rekomendasi aktivitas fisik: aktivitas aerobik harus memperhitungkan kebugaran aerobik orang dewasa tua itu - kegiatan yang memelihara atau meningkatkan fleksibilitas yang direkomendasikan sebagai yang menyeimbangkan latihan bagi mereka yang berisiko jatuh dan kondisi medis atau cacat yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka harus dipertimbangkan.


Jumlah orang berusia 60 tahun diproyeksikan dua kali lipat dalam 20 tahun mendatang dan sebagian besar akan tinggal di negara berkembang sehingga mengurangi dan menunda kecacatan yang berkaitan dengan usia merupakan ukuran penting kesehatan masyarakat dan aktivitas fisik dapat memainkan peran penting dalam menciptakan dan mempertahankan kesejahteraan di segala usia.


Kesehatan keuntungan di seluruh dunia akan tercapai jika industri makanan mengambil inisiatif dan mengurangi kandungan lemak, gula dan garam dari makanan olahan dan ukuran porsi dan meningkatkan pengenalan dan pemasaran inovatif, pilihan yang sehat, dan bergizi.


Strategi Global WHO Diet, Aktivitas Fisik dan Kesehatan meminta semua pihak untuk mengambil tindakan di tingkat global, regional dan lokal dalam rangka untuk mengurangi prevalensi penyakit kronis dan faktor risiko bersama mereka, terutama diet yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.


WHO bekerja pada diet dan aktivitas fisik merupakan bagian dari keseluruhan WHO pencegahan penyakit kronis dan kerangka kontrol Departemen Penyakit Kronis dan Promosi Kesehatan. Tujuan strategis dari departemen ini adalah untuk: advokasi untuk promosi kesehatan dan pencegahan penyakit kronis dan kontrol; meningkatkan kesehatan, terutama bagi masyarakat miskin dan kurang beruntung; lambat dan membalikkan tren yang merugikan dalam faktor risiko penyakit umum kronis; dan mencegah kematian prematur dan dihindari karena penyakit kronis utama kecacatan.


Karya ini dilengkapi oleh Departemen Gizi untuk Kesehatan dan Pembangunan. Tujuan strategis dari departemen ini adalah untuk mempromosikan diet sehat dan meningkatkan status gizi penduduk sepanjang perjalanan hidup, khususnya di kalangan yang rentan. Hal ini dicapai dengan memberikan dukungan kepada negara-negara dalam mengembangkan dan melaksanakan Makanan lintas nasional dan Gizi Kebijakan dan Program untuk mengatasi beban ganda gizi yang berhubungan dengan kesehatan yang buruk-, dan untuk berkontribusi pada pencapaian Millenium Development Goals 

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...