Kenali Karakteristik Virus Tangan, Kaki, & Mulut



Virus dan penyakit infeksi yang menyerang tangan, kaki, dan mulut relatif terjadi pada bayi dan anak-anak. Itu disebabkan bayi dan anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang berada dalam proses pematangan.


Jenis infeksi ini sering beredar di pusat penitipan anak ataupun sekolah. Wabah bisa jadi sangat parah, hingga tak jarang sekolah menghentikan kegiatan belajar mengajar sampai kuman yang menyebar berhasil dihentikan.


Untuk lebih menjawab beragam pertanyaan terkait virus infeksi, Dr Nuthaitip Kashemsri Na Aydhaya dari Samitivej Sukhumvit Hospital, Bangkok, Thailand memberikan ulasannya.


Karakteristik gejala
Penyakit tangan, kaki, dan mulut adalah penyakit menular yang karakteristiknya ditandai dengan demam ringan, nyeri pada daerah mulut, dan ruam yang melepuh. Penyakit ini biasanya dimulai dengan demam, disertai nafsu makan berkurang, perasaan tidak nyaman, dan biasanya sakit tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan bayi dan balita yang terinfeksi menjadi uring-uringan.


Satu atau dua hari setelah timbul demam, karakteristik nyeri pada daerah mulut mulai muncul. Penyakit ini diawali dengan bintik-bintik merah kecil yang melepuh dan kemudian sering menjadi borok di lidah, gusi dan bagian dalam pipi.


Pada awalnya, ruam tidak melepuh, namun dalam satu sampai dua hari akan menjadi seperti bisul dan melendung. Ruam tidak selalu gatal, dan biasanya muncul di telapak tangan, telapak kaki, bahkan bokong.


Tidak semua gejala akan muncul dalam setiap kasus, karena sebagian orang bisa saja hanya memiliki ruam dan sebagian lainnya mereasakan sakit dan luka-luka sariawan pada mulut.


Cara mengobatinya
Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Pengobatan diberikan untuk meredakan gejala seperti demam, nyeri atau rasa sakit sariawan pada mulut. Antibiotik tidak membantu karena penyakit ini disebabkan oleh virus.


Salah satu cara untuk mengurangi risiko terinfeksi adalah melakukan gaya hidup sehat dengan selalu mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas secara bersih dan menyeluruh.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...