Awas, Nyeri Dada Bisa Menyebabkan Kematian!


Jangan disepelekan bila Anda akhir - akhir ini merasakan nyeri dibagian dada. Penyakit yang biasa dikenal dengan chest pain ini harus Anda cermati lebih dini, takutnya bisa mendatangkan kematian.
Keluhan nyeri dada sering dijumpai pada unit perawatan akut atau gawat darurat. “Faktor utama nyeri ini bisa berasal dari gangguan jantung, saluran cerna, kondisi paru, musculoskeletal dan saluran napas.


4 tanda penyakit dada yang harus segera disimpulkan dalam kurun waktu 10 menit. Diantaranya yaitu kategori P (Priority Risk), kategori A (Advance Risk), kategori I (Intermediate Risk), dan kategori N (Negatif/Low Risk) dan setiap kategori ini memiliki alur penanganan lanjutan yang berbeda.


Penderita dengan kategori P merupakan penderita dengan gejala sakit dada angina yang khas infark disertai satu dari kriteria infarks dalam rekaman EKG. Untuk kategori A terjadi sakit dada lebih dari 20 meint dan akut infark miokard dalam 4 minggu terakhir serta adanya gangguan hemodinamik.


Pada kategori I besar kemungkinan terjadi kematian atau infark miokard dalam 30 hari sebesar 4-8% dan memiliki gejala seperti pada kelompok A sedangkan untuk kategori N kemungkinan terjadi kematian atau infark miokard dalam 30 hari adalah <2% dengan pemberian aspirin nitrat sublingual.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...